Penyebab Kantung Mata dan Mata Panda

By | April 2, 2017

Penyebab Kantung Mata dan Mata Panda – Mata panda atau biasa yang disebut dengan kantung mata merupakan lingkaran gelap pada bagian kulit di sekitar mata. Mata panda sendiri disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, kurang tidur atau terlalu banyak begadang sehingga kulit akan terlihat lebih kusam dan lelah. Bagi sebagian mungkin bukan suatu permasalahan yang serius, tetapi bagi seorang wanita yang sering menjaga penampilan, kondisi ini tentunya akan sangat mengganggu sebab dapat memperburuk penampilan. Akibatnya mereka akan kurang percaya diri saat berhadapan dengan orang lain. Mata panda akan membuat penampilan seseorang terlihat lesu dan mengantuk, dan seperti baru bangun tidur. Mata panda umumnya dapat hilang dengan sendirinya dengan perawatan yang alami. Sebelum itu, Anda harus tahu faktor penyebab kantung mata atau mata panda sebagai upaya pencegahan

Penyebab Kantung Mata dan Mata Panda

Faktor penyebab mata panda atau kantung mata

Kurang akan asupan vitamin

Kurangnya asupan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin C, vitamin K dan zat besi akan membentuk kantung mata dan mata panda dengan perlahan – lahan. Sebab, ketika nutrisi tersebut sangat bagus dan berkhasiat bagi kesehatan kulit, sehingga jika Anda kekurangan asupan vitamin maka akan mengganggu kesehatan Anda dan juga membentuk kantung mata hitam.

Dehidrasi

Ffaktor penyebab kantung mata atau mata panda yang kedua adalah kekurangan air atau dehidrasi. Seseorang yang mengalami dehidrasi dapat ditandai dengan warna urinnya yang berwarna kuning. Tentunya dehidrasi akan membuat kesehatan tubuh akan menurun. Karena tubuh kita tidak hanya membutuhkan udara dan nutrisi saja tetapi juga air. Agar tidak terjadi dehidrasi, Anda bisa membiasakan diri dengan cara selalu mengonsumsi minimal 8 gelas per hari.

Kurang tidur

Terlalu sering begadang atau kurang tidur yang dilakukan terlalu sering dan berulang – ulang merupakan faktor penyebab utama dari terbentuknya kantung mata hitam. Di samping itu kurang tidur juga sangat membahayakan kesehatan tubuh. Orang yang kurang tidur akan terlihat lesu dan tidak bergairah. Intinya, terlalu sering begadang dapat mengganggu kesehatan tubuh.

Terbakar sinar matahari

Terik panas matahari sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Sebab matahari mengandung UV A dan UV B yang dapat menyebabkan flek hitam di area kulit wajah. Jika panas matahari mengenai mata secara langsung akan menyebabkan kantung mata hitam. Maka dari itu, untuk mencegah mata panda bisa menggunakan eye cream dan tidak terlalu sering berada di luar ruangan.

Usia

Usia juga dapat menjadi faktor penyebab kantung mata atau mata panda. Sebab di area sekitar mata merupakan jenis kulit lembut dan lama – kelamaan akan menipis dan elasitasnya akan berkurang. Kulit yang tidak elastis tadi akan berkumpul di suatu tempat yaitu bagian bawah mata.

Cara menghilangkan kantung mata atau mata panda

– Mengatur pola tidur minimal 7 hingga 8 jam perhari
– Perbanyak mengonsumsi air putih
– Olahraga dengan teratur
– Menjaga asupan vitamin dan gizi di dalam tubuh
– Mengompres mata dengan air dingin atau mentimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *